sistem peredaran darah

Urutan Sistem Peredaran Darah Manusia, Sistemik dan Pulmoner


Sistem peredaran darah manusia memiliki fungsi penting bagi tubuh, seperti menyebarkan oksigen, metabolisme, hingga memberi nutrisi ke semua sel-sel dalam jaringan tubuh.
Urutan sistem peredaran darah manusia terbagi menjadi dua. Ada peredaran darah besar atau sistemik dan peredaran darah kecil yaitu pulmoner.

Proses peredaran darah pada manusia disebut juga sebagai peredaran tertutup, sebab cara bekerjanya langsung di dalam pembuluh darah.

Komponen Sistem Peredaran Darah Manusia
Sistem peredaran darah manusia tidak bekerja sendiri. Proses ini memerlukan kerja sama dari berbagai komponen organ tubuh untuk mengalirkan darah sebagaimana mestinya.

1. Darah
Darah adalah zat utama yang bertugas mengangkut semua jenis unsur yang terkandung di dalam tubuh. Seperti membawa nutrisi dari asupan makanan dan minuman, hormon, antibodi, oksigen, dan lain-lain.

2. Jantung
Jantung merupakan organ inti yang berada di dalam rongga dada bagian kiri. Peran dari jantung yaitu memompakan darah ke seluruh tubuh.

Organ jantung terdiri dari dua sisi, dan kedua sisi tersebut bekerja beriringan untuk menerima darah yang sudah tidak mengandung oksigen dan menerima darah yang kaya akan oksigen.

3. Pembuluh darah
Pembunuh darah mempunyai peranan dalam mendistribusikan darah dari jantung, untuk disebarluaskan ke seluruh anggota tubuh. Pembuluh darah ini terbagi menjadi tiga:

- pembuluh darah arteri,
- pembuluh darah kapiler, dan
- pembuluh darah vena.


Urutan Sistem Peredaran Darah Besar





urutan sistem peredaran darah manusia bersifat ganda. Ada peredaran darah besar dan kecil.

Sistem peredaran darah besar disebut sistemik, yaitu sirkulasi untuk menggerakkan darah dari jantung ke seluruh tubuh.

Pada proses ini, terjadi pengiriman darah yang memuat oksigen ke seluruh tubuh, dan mengembalikan darah yang sudah terdeoksigenasi agar kembali ke jantung.

Berikut terdapat urutan sistem peredaran darah besar secara umum dan versi yang mendetail.

Umum:

Dari jantung (bilik kiri) → seluruh tubuh → kembali ke jantung.

Detail:

Dari jantung (bilik kiri) → aorta → pembuluh nadi (arteri) → tubuh → vena → serambi kanan → bilik kanan jantung.

Urutan Sistem Peredaran Darah Kecil
Urutan sistem peredaran darah kecil disebut juga sebagai pulmoner, yaitu sirkulasi untuk menggerakkan darah dari jantung dan paru-paru.

Sistem peredaran darah kecil berguna untuk mengalirkan darah yang tidak mengandung oksigen ke paru-paru, supaya menyerap oksigen dan melepaskan karbon dioksida.

Umum:

Dari jantung (bilik kanan) → paru-paru → kembali ke jantung.

Detail:

Dari jantung (bilik kanan) → arteri pulmonalis → ke serambi kiri → bilik kiri jantung.

Itulah urutan sistem peredaran darah manusia mulai dari sistemik hingga pulmoner. Apabila sistem ini bermasalah, efeknya tubuh Anda akan mengalami beberapa gangguan kesehatan.

Gangguan dari sistem peredaran darah ini seperti anemia, leukimia, talasemia, hemofilia, hipotensi, hipertensi, varises, hingga stroke.
























































Posting Komentar

0 Komentar